Belajar Kreatif, Menggunakan Padlet sebagai E-Learning

04 Apr 2020 17:03:50

Padlet adalah aplikasi daring gratis yang paling tepat diilustrasikan sebagai papan tulis daring. Padlet dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk mengirim catatan pada halaman yang sama. Catatan yang diposting oleh guru dan siswa dapat berisi tautan, video, gambar, dan file dokumen.

Ketika Anda mendaftar dengan Padlet, Anda dapat membuat banyak “dinding” atau papan atau halaman tulisan online sesuka Anda. Dinding-dinding ini dapat diatur untuk pribadi atau publik, dengan masing-masing dinding memiliki pengaturan privasi terpisah.

Ini bisa memfasilitasi kolaborasi guru pada setiap mata pelajaran, yang tidak dapat diakses oleh siswa. Dinding pribadi dapat dibuat dengan mendaftarkan akun terlebih dulu untuk mengaksesnya. Sebagai pemilik dinding, guru dapat memoderasi semua catatan sebelum mereka muncul dan pengaturan privasi dapat disesuaikan setiap saat.

Pengguna tidak perlu mendaftar untuk menggunakan Padlet ini, meskipun disarankan agar guru menggunakannya. Guru juga dapat memilih untuk mengatur pemberitahuan untuk menerima email setiap kali seorang siswa mengirim tugas atau materi review tertentu ke dinding guru.
Padlet Sangat Mudah digunakan

Padlet adalah perangkat yang netral, karena berfungsi di semua perangkat yang mendukung internet, termasuk: PC, laptop, tablet, smartphone. Ini berarti dapat bekerja dengan mudah di sekolah mana pun yang memanfaatkan beragam perangkat.

Dan tidak ada perangkat lunak atau aplikasi yang perlu diunduh atau dipasang, sehingga bisa digunakan langsung oleh siapa saja yang memiliki akses internet. Tulisan dinding yang dibuat di Padlet dapat diekspor dengan beberapa cara, termasuk PDF atau spreadsheet, atau disematkan ke blog, situs, atau laman lainnya.

Apa yang Dapat dilakukan dengan Padlet?

Anda dapat mengetik, rekam suara Anda, tambahkan hyperlink, menambahkan foto, menambahkan dokumen. Fleksibilitas alat ini membuat Anda dapat memiliki satu Padlet kelas untuk tahun ini dan berbagi sumber daya dan tautan sepanjang tahun. Artinya materi yang sudah tersedia pada satu kelas pertama pada tahun pertama dapat dimanfaatkan untuk tahun-tahun berikutnya.

Langkah-langkah membuat akun Padlet

Cara membuat akun padlet sangatlah mudah, kita hanya perlu berkunjung ke alamat website padlet. Kemudian klik daftar yang tertera pada muka halaman. Selanjutnya akan muncul pilihan mendaftar dengan google dan atau dengan facebook. Jika Anda daftar dengan google, maka sebelumnya Anda sudah memiliki akun G+ dan email (gmail@com), lalu klik ikon daftar yang terdapat pada pojok kanan bawah.

Setelah Anda berhasil daftar, selanjutnya Anda akan berada di halaman dashboard padlet. Berarti Anda sudah siap untuk membuat sebuah padlet (make a padlet). Pada membuat padlet jangan lupa berikan judul atau title dan subtitle padlet. Sehingga nanti akan mudah bagi guru/dosen dan siswa mengenali pokok bahasan spesifik yang akan dipelajari atau dikerjakan.

Terima kasih sedikit sharing dari hasil pelatihan e-learning, tentu masih banyak kekurangan. Namun untuk daftar, atau buka akun, menggunakannnya sebagai sebuah kolaborasi juga sangat mudah bukan? Silakan di coba ya.

Sumber : https://www.kompasiana.com/cangkoiburong/5bd03e4a677ffb4afb55a392/belajar-kreatif-menggunakan-padlet-sebagai-e-learning?page=all




Fatal error: Call to undefined function t4b_show_news_ticker() in /home/disdik/disdik.sumselprov.go.id/wp-content/themes/lc-diknas5/footer.php on line 110