SOSIALISASI PENYELARASAN KURIKULUM SMK & PELATIHAN GURU

16 Nov 2019 17:20:38

Dalam Rangka Mendukung INSTRUKSI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA Nomor : 9 tahun 2016 Tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas  dan Daya Saing Sumber Daya Manusia.

Oleh sebab itu  Main Dealer  YAMAHAPT. Thamrin Brothers dan YAMAHA Indonesia Motor Manufacturingmelakukan kegiatan SOSIALISASI materi kurikulum dan Pelatihan Guru SMK yang sesuai dengan kurikulum INDUSTRI terutama di Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Sebanyak 50 SMK Binaan Yamaha di Provinsi Sumatera Selatan yang hadir dalam kegiatan tersebut yang dilaksanakan pada : 14 dan 18 Oktober 2019 di SMK Binaan Yamaha SMK PGRI 2 dan SMK YP. Gajah Mada Palembang.

Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Palembang melalui Eddyson. S.Pd, MM mengatakan pihak SMK harus serius dalam membangun komunikasi dan kerjasama antara SMK dan Dunia Industri melalui kegiatan-kegiatan Yamaha agar apa yang menjadi tujuan dunia pendidikan yang selalu menciptakan SDM yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja. “Pihak SMK PGRI 2 Palembang sudah melakukan kerjasama selama 9 tahun dan sekarang sudah memiliki Kelas Khusus Yamaha dimana sistem pembelajaran serta fasilitas pembelajaran prakteknya sudah berstandard Yamaha,” kata Eddyson SPd MM, Senin (14/10/2019).

Secara  terpisah Drs. H. Darlius. MM, M.Pd selaku kepala sekolah SMK YP. Gajah Mada juga mengatakan bahwa komitmen dunia pendidikan (SMK) dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul melalui pembinaan dari YAMAHA yang menjadikan siswa/i SMK dapat berkembang secara pesat, terbukti SMK Gajah Mada pada saat sekarang pun sudah memiliki Kelas Khusus Yamaha. Dan kondisi sekarang pun SMK harus bisa berkontribusi terhadap industri melalui  kerjasama LINK and MATCH melalui pendidikan VOKASI Industri.

Dalam kegiatan ini, Muslian, ST selaku Manager After Sales YAMAHA PT Thamrin Brothers mengatakan komitmen Yamaha untuk terus mendukung program vokasi yang dicanangkan oleh Presiden RI Jokowi dalam membangun Link and Match antara SMK dengan Industri.Ini wujud tanggung jawab Yamaha sebagai pelaku industri dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Kami harap apa yang kami berikan ini dapat menjadi motivasi bagi Sekolah, Guru dan siswa/i SMK dalam mempersiapkan diri untuk jadi insan yang memiliki daya saing yang ketat saat ini.

Dalam kesempatan yang sama Bapak Aryo Utomo sebagai Spv. Service Education PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg.  memberikan sambutannya bahwa keterlibatan Yamaha Indonesia secara aktif dan konsisten kembali memberikan dukungan dalam mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui aktivitas CSR (Corporate Social Responsibility) yang bertajuk Program SMK Binaan Yamaha.

Dimana program inibertujuan untuk mempersiapkan siswa dan siswi SMK siap pakai di dunia kerja dan kewirausahaan melalui standarisasi kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor yang telah disesuaikan dengan kurikulum Yamaha Technical Academy (YTA). Dengan standarisasi kurikulum berbasis YTA tersebut, para siswa dan siswi akan dituntut untuk menjadi lebih kreatif, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan dapat membuka usaha secara mandiri.      Dengan semangat SMK Bisa, SMK Hebat!!   Untuk MERAH PUTIH SEMAKIN DIDEPAN  maju terus pendidikan INDONESIA…  #gaspoll

Kegiatan ini pula dihadiri dan dibuka langsung oleh Dinas Pendidikan melalui Kabid. SMK Provinsi Sumsel yaitu Ibu Mondyaboni. SE, S.Kom, yang dalam sambutannya mengungkapkan perkembangan teknologi sangat pesat sekali terutama di teknologi kendaraan sepeda motor. Kita sebagai dunia pendidikan menilai bahwa kondisi ini harus dapat dimaksimalkan dengan baik dalam mencetak sumber daya manusia yang memiliki kualitas serta daya saing di dunia kerja.Hadirnya pihak Yamaha dalam kegiatan sosialisasi penyelarasan kurikulum dan pelatihan guru adalah suatu upaya YAMAHA dalam meningkatkan kualitas lulusan siswa-siswi SMK yang patut diapresiasi. Dimana industri sepeda motor Yamaha dipercaya dapat membentuk karakter siswa/i SMK untuk siap menghadapi tuntutan didunia kerja maupun menjadi berwirausaha.

Turut hadir dalam acara : Bpk. Drs. Yose Rizal. MM sebagai Kasi Kurikulum Disdik Sumsel.

 

Nama Kegiatan :

“SOSIALISASI PENYELARASAN KURIKULUM SMK & PELATIHAN GURU”

 Hari/Tgl :

  1. Senin, 14 Oktober 2019 di SMK PGRI 2 Palembang
  2. Jum’at, 18 Oktober 2019 di SMK YP. Gajah Mada Palembang

 Jumlah Peserta :

50 SMK Binaan Yamaha se Sumatera Selatan.

Agenda Kegiatan :

  1. Pembukaan
  2. Pemaparan dan penyusunan Kurikulum Materi TBSM
  3. Praktek perawatan sepeda motor
  4. Penyerahan material buku bahan pengajaran
  5. Penandatangan MOU antara YAMAHA dan SMK Binaan Yamaha
  6. Penutup 

Tamu – tamu hadir :

  1. Ibu Mondyaboni. SE, S.Kom sebagai Kabid. SMK DisdikSumsel
  2. Drs. Yose Rizal. MM sebagai Kasi Kurikulum Disdik Sumsel
  3. Drs. Mursal sebagai PSMK Disdik Sumsel
  4. Aryo Utomo sebagai Supervisor Service Education PT. YIMM Jakarta
  5. Rangga sebagai Koordinator Service Territory VI PT. YIMM Jakarta
  6. Stevan Indo Martha sebagai Service PT. YIMM area Sumsel dan Bengkulu
  7. Wahidin sebagai Service Manager Main Dealer PT Thamrin Brothers
  8. Muslian, ST. sebagai Manager After Sales PT. Thamrin Brothers
  9. Eddyson, S.Pd, MM sebagai Kepala Sekolah SMK PGRI 2
  10. Drs. H. Darlius, MM, M.Pd sebagai Kepala Sekolah SMK YP. Gajah Mada


News Ticker